GERAK JALAN GREBEK SILATURAHMI DAN FESTIVAL SENI ANTAR UMAT BERAGAMA RANGKAIAN GEBYAR HAB KE-73 DI KEMENAG KOTA YOGYAKARTA 2018

Rangkaian memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-73 tanggal 03 Jnuari 2019, Kemenag Kota Yogyakarta menyelenggarakan beberapa kegiatan yang melibatkan  ASN dilingkungan Kemenag Kota Yogyakarta, Pegawai KUA dari 14 Kecamatan, Madrasah, Penyuluh dan PAH. 

Diantaranya lomba olah raga Bulu Tangkis, Tennis Meja, Bola Volly Plastik, Futsal dan Lomba Masakan Tradional , juga ada lomba Senam Tobello dan Lomba Mancing Mania, Lomba Antar Unit Kerja (Penilaian Unit Kerja Terbaik), dan Lomba Karya Tulis Ilmiah. Untuk kegiatan Bakti Sosial juga diadakan Donor Darah dan Tebus Murah Sembako dan Bersih-bersih Tempat Ibadah serta  Farade Tahfidz.

Dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam Gebyar HAB ke-73 Kementerian Agama Kota Yogyakarta diselenggarakan Gerak Jalan Kerukunan Grebek Silaturahmi Antar Umat Beragama dan Festival Seni Kerukunan Umat Beragama, yang merupakan puncak acara kegiatan dalam  rangkaian gebyar HAB ke-73 Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, selain Upacara Bendera 03 Januari 2019, serta Tasyakuran yang akan dilaksanakan pada 08 Januari 2019.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu (12/12/18), dimana Gerak Jalan Kerukunan Grebek Silaturahmi Antar Umat Beragama diikuti sekitar 250 peserta terdiri dari unsur ASN Kemenag Kota Yogyakarta, KUA, Pengawas, Madrasah, Penyuluh Agama, Ormas, Perwakilan Tokoh Agama yang melibatkan 6 unsur Agama yang ada di Indonesia yakni Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katolik dan Konghucu. Kegiatan diawali dengan Senam Tobelo bersama yang dipandu Instruktur Miss Alifana 

pada pukul 06.30 di Halaman Kemenag Kota Yogyakarta, yang diikuti seluruh peserta Gerak Jalan Kerukunan Grebek Silaturhmi Antar Umat beragama.

Usai mengikuti senam bersama dilakukan upacara pelepasan peserta Gerak Jalan Kerukunan Grebek Silaturahmi Antar Umat Bragama serta memberikan sambutan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H Nur Abadi, MA, didampingi Kasubbag TU  dengan penyerahan secara simbolis Plakat/Cindramata kepada Koordinator Gerak Jalan Kerukunan Grebek Silaturahmi Antar Umat Beragama Alex Budi Suwarno, S.Pd yang selanjutnya akan diserahkan ke masing-masing tempat ibadah yang akan dikunjungi untuk bersilaturahmi, adapun tempat-tempat ibadah yang akan dikunjungi untuk bersilaturmi yakni diawali tempat ibadah Pure Padma BuanaSaraswati Jalan Mawar Baciro, Gereja Pantekosta Jalan Hayam Wuruk, Vihara Budha Prabha Gondomanan, Gereja St. Yusuf Bintaran dan Masjid Pakualaman.Seluruh peserta  gerak jalan sampai kembali di Kantor Kementerian

Agama Kota Yogyakarta, dilanjutnya dengan Festival Seni Kerukunan Umat Beragama yang dihadiri Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA, Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag DIY H. Nadhif, S.Ag.,M.Si, Kakankemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA, Kasubbag TU Kemenag Kota Yogyakarta H. Mukotip, S.Ag.,M.Pd.I, seluruh Kasi/Gara Kemenag Kota Yogyakarta, seluruh Kepala KUA dan undangan lainnya.

Mereka semua disambut langsung atraksi Barongsai perwakilan dari Agama Budha yang menandai diawalinya acara Festival Kerukunan Umat Beragama, selanjutnya dari perwakilan ke enam agama Hindu menampilkan Tari Pendet dengan 5 penari, Kristen menampilkan Drama terdiri dari 5 pemain, Katolik menyuguhkan Paduan Suara, Islam dengan musik  Kosidah modern dari Ponpes Nurul Ummah di panggung Festival Kerukunan Umat Beragama di Halaman Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Yang dalam kesempatan itu Wakil Walikota Yogyakarta dalam sambutannya Beliau sangat mengapresiasi dan mendukung dengan terselenggaranya kegiatan yang bertujuan untuk memupuk silaturahmi antar umat beragama di Kota Yogyakarta.(hms. Diakhir acara Kakankemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA membacakan Deklarasi Kerukunan Umat Beragama bersama ke 6 (enam) Tokoh Agama yakni Islam, Kristen, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu. MA Nrl)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *