“GREBEG SILATURAHMI ANTAR IMAN” KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA 2018 PEREKAT KERUKUNAN BANGSA

Indonesia sebagai bangsa yang besar, bangsa yang menjunjung tinggi perbedaan dan toleransi antar umat beragama, selain itu bangsa Indonesia juga dikenal sebagai masyarakat yang plural  memiliki beragam suku, etnik, budaya dan bahasa serta mempunyaenam agama yang resmi diakui oleh negara yaitu : Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu. Dengan melihat masyarakat Indonesia yang sangat beragam tersebut maka kerukunan antar masyarakat terutama antar umat beragama tentunya menjadi hal penting untuk diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Berlokasi di halaman Kankemenag Kota Yogyakarta tepatnya hari Rabu, (11/7/18), Kankemenag Kota Yogyakarta menyelenggarakan Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama dengan memberikan nuansa baru, mengusung tema “GREBEG SILATURAHMI ANTAR IMAN’  melibatkan peserta gerak jalan KUB sebanyak 275 orang, terdiri ASN Kankemenag  Kota Yogyakarta bawah atap, perwakilan (KUA, Penyuluh Agama, Penghulu) se-Kota Yogyakarta, perwakilan Madrasah (MIN, MTsN, MAN) Kota Yogyakarta, perwakilan Ponpes dan perwakilan dari keenam unsur agama yakni Islam, Katholik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu se-Kota Yogyakarta. 

Kegiatan Gerak Jalan KUB Kota Yogyakarta disemarakkan dengan senam Maumere bersama yang dipandu Instruktur Alifana, yang diikuti seluruh peserta gerak jalan termasuk Kakankemenag Kota Yogyakarta Sigit Warsita. Gerak jalan KUB kali ini mengambil Start dan Finish  di halaman Kankemenag Kota Yogyakarta, dengan melewati rute keenam tempat ibadah dan akan berhenti  sejenak untuk  bersilaturmi sembari memberikan cinderamata berupa Plakat tentang misi “Hormati Keberagaman Cintai Persatuan” yang akan diserahkan oleh perwakilan dari keenam agama Islam, Protestan, Katholik, Hindu, Budha dan Konghucu secara bergantian. 

 
Upacara pelepasan oleh Kakankemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Sigit Warsita, MA  diawali do’a bersama dan sebelum melepas peserta gerak jalan KUB, terlebih dahulu Kakankemenag memberikan cinderamata secara simbolis berupa Plakat kepada Koordinator Gerak Jalan KUB Alexander Budisuwarno, S.Pd, didampingi Kasubbag TU Kankemenag Kota Yogyakarta H. Abd. Su’ud, S.Ag.,M.Si selaku Ketua Panitia Penyelenggara Gerak Jalan KUB Kankemenag Kota Yogyakarta 2018. Sebelum melepas peserta gerak jalan KUB dengan mengangkat Bendera Start,

 terlebih dahulu Kakankemenag Kota Yogyakarta memberikan sambutan singkat dengan mengatakan bahwa “gerak jalan kerukunan umat beragama dengan mengusung tema grebeg silaturahmi antar iman yang diselenggarakan Kankemenag Kota Yogyakarta menjadi wujud nyata, bahwa walaupun  kita berbeda dalam pilihan agama,  tetapi kita tetap bisa bersatu bersama untuk membangun bangsa Indonesia utamanya di masyarakat Yogyakarta,  ini bukan sekedar simbol tapi  ini adalah merupakan wujud nyata dari kerukunan kita bersama”, diakhir kata Sigit mengajak semua peserta gerak jalan dengan mengatakan “dari Yogyakarta kita bangun masyarakat yang rukun, damai dan sejahtera” dengan mendapatkan apresiasi dari semua peserta. (hms.Nrl)