Kemenag Kota Pontianak dan Kemenag Kab. Pangkep Studi Banding PTSP di Kemenag Kota Yogyakarta

“PTSP Kemenag Kota Yogyakarta dibangun sebagai langkah untuk lebih dekat dan melayani umat, terutama dalam mengurus dan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan Kementerian Agama terutama dalam proses  pengurusan  perizinan di Kemenag Kota Yogyakarta dengan lebih mudah dan simpel”  demikian tutur Ka Kankemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA dalam sambutannya di hadapan rombongan Kementerian Agama Kota Pontianak dan Kementerian Agama Kabupaten Pangkep.

Kementerian Agama Kota Pontianak hadir dengan 12 orang ASN terdiri dari Pejabat Struktural dan Kepala KUA se Kota Pontianak yang dipimpin langsung Ka Kakankemenag Kota Pontianak H. Ekhsan, S.g.,M.Si sedangkan Ka Kankemenag Kab. Pangkep Dr. H. Jamaluddin,M.Ag  membawa 3 orang anggotanya. Dari kedua kunjungan Kemenag  yang berbarengan waktunya pada hari Kamis, 02 Mei 2019 diterima dan disambut di Aula 1 Kemenag Kota Yogyakarta oleh Ka Kankemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Nur Abadi, MA didampingi Kasubbag TU Kemenag Kota Yogyakarta H. Mukotip, S.Ag.,M.Pd.I dan juga hadir Kasi PHU H. Mustafid, S.Ag.,M.Hum, Kasi PAIS Drs. Kaharuddin Noor.

Dalam sambutannya  kedua Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak dan Kabupaten Pangkep hadir ke Kemenag Kota Yogyakarta dengan maksud dan tujuan yang sama, yaitu mengadakan studi banding untuk melihat dan mendapatkan penjelasan secara langsung tentang keberadaan PTSP Kemenag Kota Yogyakarta. Seperti yang sudah sering diterima kehadiran rombongan dari Kementerian Agama Kota dan Kabupaten se Indonesia hampir mencapai 30 Kemenag Kab/Kota untuk yang sudah berkunjung dan mencari tahu bagaimana keberadaan PTSP Kemenag Kota Yogyakarta tentunya dengan beberapa kelebihan serta keunggulan yang dimiliki PTSP Kemenag Kota Yogyakarta salah satunya pelayanan pendaftaran haji.

Seperti halnya sejak PTSP Kemenag Kota Yogyakarta di launching 11 Juli 2018 sangat membantu masyarakat dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk mendaftarkan Haji hanya sekali jalan di PTSP Kemenag Kota Yogyakarta, dengan berkas lengkap maka hari itu juga sudah langsung mendapatkan nomor porsi. Dikarenakan di PTSP Kemenag Kota Yogyakarta terdapat 14 Bank BPS Syariah yang secara bergantian setiap hari ada di PTSP untuk melayani yang mau mendaftar Haji.

Sebelum kedua rombongan mendapatkan paparan dan selayang pandang tentang PTSP Kemenag Kota Yogyakarta mulai dari perencanaan, pengadaan barang dan sumber daya manusia serta IT, terlebih dahulu dilaksanakan saling tukar cenderamata dari masing-maing Kemenag. Selanjutnya mereka mendapatkan pemaparan dari tim PTSP yang disampaikan oleh Zainuddin Ahmad, S.IP (Perencanaan & Pengadaan), Halimah Trisayuni, S.Ag (Operasional & SDM) dan Anisa Kurniasari tentang IT, juga pemaparan singkat perjalanan PTSP dijelaskan H. Mukotip, S.Ag.,M.Pd.I. Tentunya suasana acara lebih banyak berdialog dan meninjau dan observasu langsung ke ruang PTSP Kemenag Kota Yogyakarta.

Kemudian rombongan Kemenag Kota Pontianak melanjutkan kunjungan studi banding ke KUA Kecamatan Wirobrajan yang merupakan KUA Teladan tahun 2018, rombongan disambut dan mendapatkan penjelasan langsung dari Kepala KUA Kec. Wirobrajan Noerohini, S.Ag.,MH bertempat di Aula balai nikah KUA Wirobrajan.*(hms.Nrl)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *