KEMENAG KOTA YOGYAKARTA LAKSANAKAN KEGIATAN EVALUASI PELAYANAN RKA-K/L TAHUN 2018 DI SAMBI RESTO, KALIURANG, KAB. SLEMAN

Keterbatasan sumber pendanaan merupakan tantangan utama dalam pengelolaan APBN, dengan demikian dalam penyusunan RKA-K/L (Rencana Kerja Anggara-Kementerian/Lembaga) diterapkan kebijakan Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK) yang menggunakan 3 (tiga) instrument yaitu :indikator Kinerja, Standar Biaya Keluaran dan Evaluasi Kinerja. Sehingga salah satu peranan penting evaluasi kinerja sebagai salah satu PBK dalam penganggaran yaitu sebagai 

umpan balik (feedback) guna meningkatkan kualitas perencanaan dan prioritas alokasi anggaran belanja untuk kebijakan dan sasaran strategis tahun anggaran berikutnya. Bertempat di Sambi Resto, Spa dan Resto Jalan Kaliurang KM 19,2 Pakembinangun, Kabupaten Sleman, pada hari Rabu, (5/12/18), Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan berupa Evaluasi Pelaksanaan RKA-K/L Tahun 2018 dengan paket full day diikuti sebanyak 40 orang peserta yang terdiri dari Pengelola Kegiatan dan Anggaran masing-masing Unit Kerja dilingkungan Kantor Kementerian gama Kota Yogyakarta. Dalam kesempatan itu hadir pula Kabid PHU Kanwil Kemenag DIY Drs. Sigit Warsita, MA dan Kasi Dkmad Kanwil KemenagDIY Abd. Su’ud, ,M.S.I.

Kegiatan diawali dengan laporan Ketua Penyelenggara Kasubbag TU Kemenag Kota Yogyakarta H. Mukotip, S.Ag.,M.Pd.I, sekaligus sebagai narasumber dan moderator dipandu oleh Purwoko Widodo, SE, dengan materi ‘Penilaian capaian Output, capaian Outcome (IKU) dan IKPA, diantaranya mengatakan “bahwa kegiatan yang dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tersedianya bahan evaluasi kinerja program dan kegiatan, serta untuk meningkatkan kualitas perencanaan program dan anggaran tahun2018″.

Terlebih dahulu semua yang hadir menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipandu oleh Siti Wahyuni dilanjutkan dengan pengucapan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI secara bersama-sama.

Kakankemenag Kota Yogyakarta Drs. Nur Abadi, MA dalam pengarahannya antara lain mengatakan “ Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) merupakan salah satu alat ukur untuk menentukan tingkat kinerja satker, khususnya dalam pelaksanaan anggaran. Dengan demikian kegiatan Evaluasi Pelaksanaan RKA-K/L Kankemenag Kota Yogyakrta dilaksanakan untuk melihat tingkat keberhasilan pengelolaan kegiatan, tentunya melalui kajian-kajian terhadap manajemen dan output pelaksanaannnya serta permasalahan yang dihadapi baik pada pelaksanaan RKA-K/L maupun program-program sinergitas yang nantinya akan diputuskan”. Acara dilanjutkan dengan kegiatan Team Building Perencanaan Kankemenag Kota Yogyakarta dengan dipandu oleh Mahlani, S.Ag. (hms.Nrl).

.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *