KUNJUNGAN DAN SILATURAHIM SISWA “INTERNATIONAL FATIH SULTAN MEHMET SCHOOL ISTAMBUL, TURKY DI-KEMENAG KOTA YOGYAKARTA

Kepala Kementerian Agama Kota Yogyakarta Drs. H Sigit Warsita, MA didampingi Kasi Pendidikan dan Madrasah Kemenag Kota Yogyakarta Achmad Fauzi, S.Ag.,M.S.I dan Wadir Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Dr. Mhd. Lailan Aqom, S.Pd., M.Pd menerima kunjungan sebanyak 10 siswa didampingi 2 guru dari Internasional Fatih Sultan Mehmet School Istambul, Turky serta 5 siswa dengan 3 guru dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta di hari Kamis (25/1/18) bertempat di Aula Kemenag Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya Ka Kemenag Kota Yogyakarta Drs. H. Sigit Warsita, MA  mengatakan  “ Kementerian Agama Kota Yogyakarta merupakan bagian dari pemerintahan yang mempunyai tugas diantaranya dibidang pendidikan.  Kementerian Agama Kota Yogyakarta punya andil dan peran yang penting dalam rangka mewujudkan cita-cita Kementerian Agama yaitu terciptanya masyarakat Yogyakarta yang taat beragama. Dari sisi pendidikan Kementerian Agama punya peran membina lembaga-lembaga pendidikan sejak dari Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidiiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), secara keseluruhan ada 27 lembaga pendidikan, kalau di bandingkan dengan jumlah sekolah yang dikelola oleh Dinas Pendidikan maka jumlah RA dan Madrasah itu hanya 05,10 % dengan jumlah siswa RA dan Madrasah ada sekitar 6.913 siswa. Dari jumlah tersebut dibandingkan dengan jumlah sekolah sebesar 529, tentu tidak terlalu besar tapi kita yakin dari segi peran dan sumbangan untuk Kota Yogyakarta Madrasah kita tentu sangat besar sumbangannya dibidang pendidikan”.

Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta telah menjalin kerjasama Sister School dengan International Fatih Sultan Mehmet School Istambul, Turkey berupa exchange of teaching methodologies “curriculum” program outlines dan student exchange. Dengan adanya kerjasama yang sudah terjalin tersebut, maka dalam kegiatan ini Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menerima kunjungan balik dari International Fatih Sultan Mehmet School Istambul, Turkey selama beberapa hari dari tanggal 17-30 Januari 2018 di Kota Yogyakarta.

Sebelum siswa dan guru International Fatih Sultan Mehmet School Istambul, Turky datang ke Kota Yogyakarta sebagai kunjungan balik, terlebih dahulu telah dilakukan kunjungan ke negara mereka Istambul, Turky sebanyak 15 siswa Madrasah Mu’allimin Muahammadiyah Yogyakarta dan dan 2 guru, mereka melakukan kunjungan ke negara tersebut selama 25 hari di bulan Oktober 2017 ke International Fatih Sultan Mehmet School Istambul, Turkey untuk merasakan berbagai pengalaman terkait kurikulum dan sistem pembelajaran serta program-program penunjang akademik lainnya selama di sana.(hms.Nrl)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *