MTQ Pelajar Sekolah Umum Kota Yogyakarta 2018 di ikuti 1.270 siswa/siswi serta 108 Dewan Hakim/Yuri di Kukuhkan

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tahun 2018 pelajar sekolah umum Negeri dan Swasta se-Kota Yogyakarta dengan mengusung tema “DENGAN MUSHABAQOH TILAWATIL QUR’AN KITA WUJUDKAN GENERASI MUDA YANG UNGGUL, CERDAS DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”. Pelaksanaannya dilakukan secara bersama oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta dan Balai Dikmen Yogyakarta diikuti peserta sebanyak 1.270 siswa/siswi, yang terdiri dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK  Negeri dan Swasta se-Kota Yogyakarta, yang diselenggarakan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada hari Sabtu (20/10/18). Sebanyak 1.270 peserta MTQ Pelajar Sekolah Umum Kota Yogyakarta Tahun 2018 tersebut terdiri dari 224 siswa dari 14 Kecamatan se-Kota Yogyakarta, jenjang

 SMP sebanyak 414 siswa dari 34 sekolah se-Kota Yogyakarta, dan untuk jenjang SMA/SMK sebanyak 632 siswa dari 43 sekolah se-Kota Yogyakarta. Dengan cabang lomba MTQ untuk jenjang SD sebanyak 8 cabang dan untuk SMP, SMA/SMK sebanyak 10 cabang lomba. Untuk cabang lomba yang diperlombakan  baik perorangan dan beregu meliputi MTQ, MHO, MSQ, Tartil, CCA, Adzan, Lukis/Kaligrafi, Pidato/Khutbah dan Nasyd.

Ka Kankemenag Kota Yogyakarta Drs. Sigit Warsita, MA melantik dan mengukuhkan para Dewan Hakim/Dewan Yuri MTQ Pelajar Sekolah Umum Tingkat Kota Yogyakarta sebbanyak 108 orang Dewan Hakim,yang terdiri dari 36 cabang lomba dengan masing-masing 3 Dewan Hakim dalam 1 cabang yang dilombakan. Usai pelantikan/pengukuhan Dewan Hakim  dilanjutkan  pembukaan secara resmi MTQ Pelajar Sekolah Umum Kota Yogyakarta  ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA dengan didampingi Ka Kankemenag Kota Yogyakarta Drs. Sigit Warsita, MA.dan Ketua Panitia Penyelenggara MTQ Pelajar Sekolah Umum Kota Yogyakarta 2018.

Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA mememberikan sambutan antara lain mengatakan “MTQ Pelajar Sekolah Umum tingkat Kota Yogyakarta yang diselenggarakan merupakan bagian yang menggembirakan, ditengah era modernisasi yang kita alami bersama, yang telah merubah paradigma  kehidupan kita sehari-hari yang serba digital  dan tekhnologi membuat cara hidup kitapun berubah, walaupun kita berkumpul bersama yang dahulu bisa berbincang-bincang, namun dimasa sekarang jika kita berkumpul maka kita akan asik dengan handphone masing-masing”. Maka, selanjutnya kata Beliau, “anak-anak yang ikut lomba merupakan pencerahan bagi kita semua dan menunjukkan bahwa di puncak piramida ini jumlah anak-anak  yang mampu membaca, melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan menyampaikan isi kandungan Al-Qur’an semakin banyak, karna Al-Qur’an adalah sebagai petunjuk dalam kehidupan kita sehari-hari dan sebagai pembeda hak dan batil, sudah begitu banyak dipahami  anak-anak kita”.

Diakhir kegiatan yang berlangsung selama sehari Ka Kankemenag Yogyakarta Drs. H. Sigit Warsita, MA menutup secara remi MTQ Pelajar Sekolah Umum Kota Yogyakarta 2018, dan mengucapkan selamat dan bangga kepada para juara, dan yang meraih juara 1 nantinya akan menjadi duta untuk ajang lomba yang sama di Tingkat DIY pada bulan November. Untuk hasil perolehan Juara UmumTingkat SMAN/SMK sebagai Juara Umum diraih SMAN 1 Yogyakarta, untuk Juara Umum Tingkat SMPN/Swasta diraih SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, sedangkan Tingkat SDN/Swasta sebagi Juara Umum adalah SDdari Wilayah Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. (Nrl)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *