PARADE TAHFIDZ AL-QURAN MENJELANG HARI PUNCAK HAB KE-72 DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA

H. Abd. Su’ud, S.Ag, MA mewakili Ka Kemenag Kota Yogyakarta dalam sambutannya mengatakan, Selasa (2/1/18) “Tahun ini rangkaian kegiatan dalam rangka HAB ke 72 Kemenag RI di Kankemenag Kota Yogyakrta menyelenggarakan Parade Tahfid, dimana kegiatan ini sesungguhnya berupa semaan Al-Qur’an 30 Juz oleh para hufadz dari berbagai siswa/siswi Madrasah yang ada di kota Yogyakarta mulai dari siswa MIN, MTsN, dan MAN, juga melibatkan  Madrasah Swasta serta Pondok Pesantren se-Kota Yogyakarta.

Ada 2 tujuan yang hendak kita capai dari kegiatan ini, yang utama adalah memberikan apresiasi yang besar kepada anak-anak kita di madrasah yang telah mengikuti Program Tahfid.  Adalah wujud dari niat dan usaha yang keras dari anak-anak kita, sehingga mereka bisa menghafalkan Al-Qur’an dengan tidak masuk program khusus Tahfid semisal di Pondok Pesantren yang khusus untuk Tahfid. Tapi mereka hanya meluangkan waktu 1-2 jam di sela-sela kegaiatan belajar mengajar di sekolah. Disamping itu kegiatan Parade Tahfid ini juga untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa program “Madrasah Tahfid” sebagai Program Unggulan Kementerian Agama di bidang Pendidikan, yang di launching oleh Menteri Agama RI saat itu Bapak Suryadharma Ali, telah berjalan dengan baik, terbukti bahwa anak-anak kita telah mampu menghapal Al-Qur’an ada yang baru 1 Juz,  utamanya Jus 30 (Jus Amma), 5 Juz, 10 Juz bahkan ada yang sudah hapal 30 Juz dari siswa MAN 1 Yogyakarta.

Tujuan kedua dari kegiatan ini adalah untuk memberikan ruh atau nuansa agamis dalm rangkaian kegiatan HAB ke-72 Kemenag Kota Yogyakarta, mengingat kehadiran Kementerian Agama dalam Pemerintahan Indonesia adalah wujud nyata dari upaya aktualisasi Sila Pertama dari Pancasila yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, dan diseluruh dunia hanya ada di Indonesia berdiri sebuah Kementrian yang mengurusi soal Kehidupan Beragama. Parade Tahfid 30 Juz ini harapannya mampu menjadi spirit bagi seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) Kementrian Agama Kota Yogyakarta khususnya, untuk mengawal pencapaian Misi Kementerian Agama ditengah semakin beratnya tantangan mengelola harmonisasi kehidupan umat beragama, juga dalam rangka peningkatan peran  umat beragama dalam mewujudkan cita-cita mencapai tatanan negara yang adil, makmur dalam Ridho Tuhan, yang dalam bahasa agama diistilahkan dengan Baldatun Thayibatun Wa Rabbun Ghafur”.

Kementerian Agama Kota Yogyakarta dalam penyelenggaraan Parade Tahfidz Al-Qur’an  menghadirkan sebanyak 100 orang anak siswa/siswi, dari sekolah:

  1. MIN 1 Yogyakarta (16 siswa)
  2. MTsN 1 Yogyakarta (3 siswa)
  3. MAN 1 Yogyakarta ( 7 siswa)
  4. MAN 2 Yogyakarta (20 siswa)
  5. PP Ali Bin Abi Tholib Yogyakarta (8 siswa)
  6. PP Jbnu Juraimi Yogyakarta (7 siswa)
  7. MI Nurul Ummah Yogyakarta (4 siswa)
  8. Madrasah Mualimat Yogyakarta (9 siswa)
  9. SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta (26 siswa) sebagai penyimak.

Kegiatan parade Tahfidz dilaksanakan dengan dua agenda diawali sesi pertama Muqoddaman (dihapal bersama) dari Juz 1 s/d Juz 27, sebanyak 72 siswa/siswi sebagai Hafidz/Hafidzah dan Penyimak. Dilanjutkan disesi kedua dibaca secara live dipanggung dari Juz 28 s/d Juz 30, sebanyak 28 siswa/siswi sebagai  Hafidz/Hafidzah dan Penyimak. Acara parade tahfidz Al-Qur’an berjalan lancar dan khitmad yang diakhri doa bersama Khotmil Qur’an dipimpin Bapak Ahmad Mustafidz.(hms.Nrl)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *